Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 05 Januari 2020

Cari tahu PHYSICAL & LOGICAL SECURITY


PHYSICAL & LOGICAL SECURITY

Didalam sistem informasi, peran utama dari keamanan fisikal adalah melindungi asset-aset yang berbentuk fisik yaitu tempat penyimpanan  dan pemprosesan informasi itu sendiri.  Keamanan Fisikal melibatkan dua kebutuhan yang saling melengkapi.
Pertama, keamanan fisikal harus mencegah dari kerusakan infrastruktur yang menopang system informasi itu sendiri. Dalam istilah luasnya infrastruktur itu terdiri dari sebagai berikut :

·         system informasi perangkat keras. Terdiri dari pemprosesan data dan penyimpanan perlengkapan, tranmisi dan fasilitas jaringan dan juga penyimpanan media secara luring.
·         Fasilitas Fisik. Seperti bangunan dan infrastruktur lainnya.
·         Fasilitas pendukung. Fasilitas yang mendukung dalam operasional.
·         Personil. Yaitu pihak yang mengkontrol, memelihara dan menggunakannya.

Kedua, Keamanan fisikal harus mencegah penyalahgunaan atau kerusakan dari informasi yang terlindungi. Itu dapat berupa kecelakaan atau penyalahgunaan seperti pencurian data dan layanan.
Berdasarkan dari teori Bosworth dan Kabay, menyarankan konteks keseluruhan di mana masalah keamanan fisik muncul. Perhatian utama adalah aset informasi dari sebuah organisasi. Aset informasi ini memberikan nilai untuk organisasi yang memiliki mereka, seperti yang ditunjukkan pada empat item diatas.

Logical security dalam konteks pengontrolan dapat didefinisikan sebagai pengontrolan dengan pertolongan software/aplikasi tertentu terhadap pengaksesan pemakai sesuai dengan wewenang yang diberikan untukj menggunakan data/informasi termasuk programnya yang disimpan di dalam computer.
Logical security memiliki 2 tujuan:
·                     Melindungi data/informasi yang tersimpan di sentra computer (computer center) dari perusakan atau penghancuran yang dilakukan baik secara sengaja maupun secara tidak sengaja.
·                     Menghindari dan mendeteksi perubahan terhadap informasi yang dilakukan oleh yang tidak berwenang serta menjaga agar informasi tidak disebarluaskan kepada yang tidak berwenang.

Dengan tujuan utama ini diharapkan logical security dapat mengurangi resiko kerugian bisnis yang diakibatkan oleh tidak memadainya perlindungan informasi perusahaan.

Tidak ada komentar: